Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Beberapa Lambang Intelijen Yang Mirip

24 Aug 2016

Halo bre and sist,, rasanya sudah lama sekali nggak buka blog ini ya, terakhir update blog September 2015. Maklum ada kesibukan di dunia nyata dan semoga bisa update blog ini terus menerus. ‌Ok, kalian tau intelijen? Ya, pastinya kata ini sudah nggak asing lagi di telinga kita dan mungkin sebagian kita hanya “akrab” dengan intelijen di dunia film. Ada James Bond, ada Tom Cruise di mission impossible, ada agent kocak si Mr bean di Jonny English dan lainnya, mana favorit kalian? Intelijen identik dengan aktifitas mata-mata untuk mendapatkan sebuah informasi.

Kali ini kita nggak akan ngebahas Agent yang melakukan aksi rahasianya ya tapi lembaga yang menaunginya. ‌ ‌ Tau nggak sih kalo ada beberapa logo badan intelijen dunia yang memakai “maskot” yang mirip? Langsung aja kita mulai dari Amerika ‌

  • Central Intelligence Agency (CIA) adalah salah satu badan intelijen pemerintah federal Amerika Serikat. Didirikan pada tanggal 18 september 1947.Sebagai lembaga eksekutif, CIA berada di bawah Director of National Intelligence. CIA memiliki tiga aktivitas utama, yaitu mengumpulkan informasi seputar pemerintah asing, perusahaan, dan individu; menganalisis informasi tersebut beserta hasil intelijen dari badan intelijen A.S. lainnya untuk menghasilkan penilaian intelijen keamanan nasional yang diajukan kepada para pembuat kebijakan senior Amerika Serikat; dan melaksanakan atau mengawasi aktivitas tertutup dan beberapa operasi taktis oleh karyawannya sendiri, anggota militer A.S., atau rekan lainnya atas permintaan Presiden Amerika Serikat.

  • ‌Badan Keamanaional Security Agency, disingkat NSA) adalah sebuah agensi kriptografi milik pemerintah Amerika Serikat, didirikan oleh Presiden Harry S. Truman pada 4 November 1952. NSA bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisis komunikasi negara lain, serta melindungi informasi milik Amerika Serikat. NSA mengkoordinasi, mengarahkan, serta menjalankan aktivitas-aktivitas amat istimewa bertujuan untuk mengumpulkan informasi intelijen dari luar negeri, terutama menggunakan kriptoanalisis. Selain itu, NSA melindungi komunikasi pemerintah dan sistem informasi di AS dari agensi lainnya, yang melibatkan kriptografi tingkat tinggi. NSA merupakan bagian dari Dephan AS. 

  • SVR merupakan suksesor dari Direktorat Utama Pertama (PGU) di bawah KGB sejak Desember 1991. Kantor pusat SVR berada di Distrik Yasenevo di Kota Moskow. Tidak seperti Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB), SVR bertanggung jawab terhadap aktivitas intelijen dan spionase di luar Federasi Rusia. SVR juga mengawasi berwenang dalam negosiasi kerjasama anti-teroris dan pengaturan kerjasama intelijen dengan agen intelijen luar negeri, serta menyediakan analisis dan diseminasi intelijen kepada Presiden Rusia.

  • Bundesnachrichendienst’ (BND) atau Federal Intelligence Service adalah badan intelijen luar negeri Republik Federal Jerman. Saat ini, BND menjadi pemain kunci dalam perekonomian, politik, kelompok pertahanan dan populasi yang semuanya berujung pada peningkatan kesejahteraan hidup Eropa. Permulaan abad ke-20, BND menetapkan prioritas utama dalam cakupan tugasnya yaitu penggunaan teknologi, terorisme internasional, kejahatan internasional, peredaran senjata internasional dan imigrasi illegal. BND juga dilengkapi dengan kewenangan penegakan hukum dalam memerangi terorisme dan ancaman lainnya. BND memberikan kontribusi penting bagi keamanan luar negeri, termasuk memberikan jaminan perlindungan bagi warga negaranya yang menetap di luar negeri. Di samping itu, memberikan dukungan bagi Bundeswehr (militer Jerman) dalam menjalankan misinya di luar negeri. Tidak kalah pentingnya, BND memberikan informasi dan nasehat kepada Pemerintah Federal, terutama dalam masalah keamanan politik dan kebijakan luar negeri yang berbasis pada kepentingan global dan integrasi kerjasama internasional.

Dan yang terakhir adalah…

  • Badan Intelijen Negara, disingkat BIN, adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang intelijen. Kepala BIN sejak 8 Juli 2015 adalah Sutiyoso. Badan Intelijen Negara cikal-bakalnya ada di masa pendudukan Jepang, tahun 1943. Pada masa itu, Jepang mendirikan versi lokal lembaga intelijen yang terkenal dengan sebutan Sekolah Intelijen Militer Nakano. Mantan tentara Pembela Tanah Air (PETA), Zulkifli Lubis, merupakan lulusan sekaligus Komandan Intelijen pertama kaum republikan. Paska kemerdekaan, Agustus 1945, Pemerintah Indonesia mendirikan badan intelijen republik yang pertama, yang dinamakan Badan Istemewa. Kolonel Zulkifli Lubis kembali memimpin lembaga itu bersama sekitar 40 mantan tentara Peta yang menjadi penyelidik militer khusus. Setelah memasuki masa pelatihan khusus intelijen di daerah Ambarawa, awal Mei 1946 sekitar 30 pemuda lulusannya menjadi anggota Badan Rahasia Negara Indonesia (Brani). Lembaga ini menjadi payung gerakan intelijen dengan beberapa unit ad hoc, bahkan operasi luar negeri.

Nah gimana sudah pada tahu kan sekarang? Oke kita ketemu di lain kesempatan, Terima kasih. :D

 

Sumber : Wikipedia + Pemikiran Sendiri 


TAGS Blogdetik badan intelijen negara mata - mata agent lambang logo yang sama


-

Author

Follow Me